Thursday 17 March 2016

Tips cara menulis kidal (non-dominan)

Halo sobat!Kali ini saya akan berbagi Tips mengenai bagaimana cara melatih tangan kiri/non-dominan sobat agarbisa lancar seperti tangan dominan sobat.Sebelumnya sobat pasti pernah berfikir bahwa, pasti enak bisa menggunakan kedua buah tangan untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Sebagai contoh saat kita menulis, jika bahan yang akan kita tulis sangat banyak, pasti sangat melelahkan jika kita terus menerus menggunakan tangan kanan kita untuk menulis, bagaimana jika dua tangan kita dapat berfungsi dengan baik? Pasti enak bukan, kita tinggal mengganti tangan kita dan lanjut menulis.Langsung saja, saya akan memberikan berbagai tips untuk mengasah kedua tangan sobat agar bisa dominan kedua-duanya, tapi saya ingatkan terlebih dahulu, sobat harus mempunyai tekad dan keuletan jika mau bisa.Kebiasaan

Semua berawal dari kebiasaa. Sejak kecil, sobat pasti selalu diajarkan untuk menggunakan tangan kanan untuk melakukan segala kegiatan. Contohnya : saat menulis, membuka pintu, salaman, melempar barang, atau mengetik sms, oleh karena itu maka sudah menjadi kebiasaan dan refleks saat sobat melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut menggunakan tangan kanan. Maka dari itu disinilah susahnya, sobat harus belajar untuk merubah kebiasaan sobat menggunakan tangan kanan dengan tangan kiri.Mulailah sobat melakukan perubahan kebiasaan tersebut mulai dari hal yang paling remeh, misalnya saat membuka pintu, melempa bola, menangkap barang. Secara pelan-pelan pasti syaraf tangan kiri anda akan terbiasa untuk melakukan kegiatan tersebut. Memang pasti pada awalnya, secara tidak sengaja sobat pasti masih menggunakan tangan kanan sobat, tetapi itu wajar. Terus berlatih-lah sampai kedua tangan mempunyai refleks yang seimbang.

Ibaratnya sobat kembali menjadi anak TK yang baru mulai belajar menulis, pasti tidak akan langsung bisa bukan? Selalu peliharalah tekad dan kemamuan sobat. Jangan sampai pernah putus di tengah jalan, teruslah berlatih.Setelah selesai membiasakan diri dengan tangan kiri, mulailah sobat masuk pada tujuan utama yaitu mulai menulis dengan tangan kiri.Sobat mulai dari melukis bentuk-bentuk dasar seperti segitiga, persegi hingga lingkaran. Khusus untuk menggambar lingkaran, saya rasa sobat harus terus menerus berlatih menggambar lingkaran hingga lingkaran sobat terasa bulat sempurna. Jika sobat berhasil membuat lingkaran sempurna ini berarti bahwa kordinasi otak kiri sobat sudah terlatih, lalu sobat bisa mulai latihan menulis. Tulislah huruf-huruf alfabet mulai dengan huruf kecil, sampai sobat benar-benar lues menggunakan tangan kiri sobat untuk menulis. Setelah itu mulailah menulis beberapa potong kalimat, lalu naik lagi menulis beberapa baris dan akhirnya menulis paragraph. Saya yakin jika sering berlatih maka tulisan sobat akan tidak kalah bagusnya dengan tulisan tangan dominan sobat.Itulah beberapa tips yang saya bagikan kepada sobat untuk melatih tangan non-dominan sobat untuk menulis. Ingat! Jangan mudah menyerah saat berlatih dan kuatkan tekad sobat, oh iya, sebaiknya kebiasaan menggunakan tangan kiri jangan dilakukan pada beberapa kegiatan, misalkan saat berjabat tangan atau makan. Karena dapat dipandang kurang sopan bagi orang lain.Oh ya!Spesial Thanks buat teman sekelas saya.Dayana yang sudah me-request Artikel ini buat saya.Jadi untuk sobat-sobat yang lagi berusaha mendominankan kedua tangan-nya. Selamat Berjuang!!Sekian postingan mengenai Tips & Tutorial dari saya.

Sumber:farisnoteindo.blogspot.com
Jangan lupa tinggalkan komentarnya sob :)

No comments:

Post a Comment